Art Therapy sebagai Tindakan Preventif Kekerasan Seksual (Role Play)

Art Therapy sebagai Tindakan Preventif Kekerasan Seksual (Role Play)


Selamat Pagi teman-teman, terima kasih sudah mau berkumpul di tempat ini pada hari ini. Sebelumnya kenalin, nama aku Nathalie Margaretha dari Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada. Nah hari ini aku akan menjadi kakak fasilitator buat teman-teman dalam rangkaian kegiatan kita pada hari ini Nah sebelum kita memulai acaranya, aku pingin kenalan dulu dong dengan teman-teman satu persatu ya Halo, halo teman-teman, aku Eva dari kelas 8A Halo teman-teman, perkenalkan nama aku Ayud dari kelas 8E Halo teman-teman, nama aku Joko dari kelas 8B, haaii Halo teman-teman Kenalin nama aku Caca dari kelas 8A Nah teman-teman, pada hari ini kita akan melakukan aktivitas Yaitu menggambar dan juga nanti kita akan sedikit sharing mengenai gambar Yang akan kita gambar pada hari ini Nah aku minta teman-teman untuk bisa menjaga kerahasiaan dari keseluruhan kegiatan kita pada hari ini Untuk tidak disebarluaskan dari luar forum ini ya teman-teman Apakah bisa dipahami? Nah sebelum kita memulai kegiatan kita Apakah ada yang mau ke kamar mandi dulu seperti itu? Untuk beristirahat? Buang air kecil seperti itu? Oke, kalau gitu kita langsung mulai aja ya Nah sebelumnya aku mau tanya dulu nih disini adakah teman-teman yang paham atau menurut teman-teman kekerasan itu apa? Mungkin ada yang mau jawab? Aku akuu Ohiya silahkan kak eva Jadi menurut aku tuh kekerasan tuh yang suka pukul-pukul gitu Jadi teman aku tuh suka mukul-mukulin, nyubit-nyubit Nah itu tuh namanya kekerasan Mungkin yang lainnya? Ada yang mau jawab lagi? Aku mbak! Aku sering banget ditarik minisetnya sama si joko kalau dikelas Sakit mbak ini ku Gak ya, aku gak narik itu bercanda Sama aja Kemarin aku ngeliat si edwin tuh sering narik narik apa itu Enak ternyata Parah banget Enggak enggak aku bercanda kok Tapi aku pernah tau Apa? sama temen temen tuh kayak main .. cuk cuk gitu di pantat yaampun ih parah banget jokooo enggaak tapi tuh seru itu seruu itu .. itu boleh gak sih? naah.. tadi jawaban temen temen itu semuanya bener ya itu merupakan contoh contoh kekerasan kayak yang Eva jelasin itu kekerasan fisik nah apa yang dialami sama .. Ayud dan juga Joko itu merupakan kekerasan seksual nah tadi bener niih katanya Caca bahwa itu tuh gak boleh dilakukan ya teman teman baik menggunakan verbal baik dipukul, disentuh atau dicubit atau apapun tuh gak boleh nah sekarang kita mau belajar nih tentang kekerasan seksual mbak akan bagiin kertas – kertas buat temen – temen dan juga alat tulisnya dan sekarang mbak minta temen temen untuk menggambarkan dulu diri teman – teman secara lengkap ya anggota tubuhnya dari kepala sampai ujung kaki nah sekarang .. kan temen – temen udah pada selesai nih ngasih gambaran tentang diri temen – temen masing – masing sekarang aku minta temen – temen untuk ngasih tanda entah itu silang atau lingkaran atau tanda apapun di anggota tubuh temen – temen yang gak kboleh disentuh gak boleh diejek atau gak boleh di .. dikenakan perlakuan kekerasan seksual coba boleh dikasih tandanya nah aku sekarang minta tolong dong salah satu dari kalian untuk bisa jelasin kenapa kalian mengasih tanda di bagian itu untuk ga boleh di .. apa kenakan perlakuan kekerasan seksual salah satu aja .. mungkin Ayud bisa ya? minta tolong Ya jadi temen-temen, ini gambar aku tapi ini gak pakai jilbab ya, gapapa Terus ini ada daerah yang gak boleh disentuh itu ada yang dua ini buah, buah dua.. terus yang alat kelaminnya terus juga bibir itu gak boleh di sentuh apalagi di cium terus mata juga gak boleh disentuh nanti di colok, hehe Terimakasih Ayud, teman-teman tepuk tangan dong buat Ayud Nah aku boleh minjem gambarnya Caca ya Nah, temen-temen tadi kan udah gambar nih
Dan udah kasih tanda-tanda di bagian tubuh mana aja yang harus temen-temen jaga nih Supaya nggak terkena kekerasan seksual Nah, mbak harapkan teman-teman inget-inget ini ya enggak cuma menjaga diri temen-temen, tapi juga menjaga milik orang lain, menghargai milik orang lain Tidak boleh di sentuh, tidak boleh dicium, dipukul dicubit bahkan tidak juga boleh dijadikan sebagai bahan olok-olokan ya, Joko Iya, mbak Ya jadi harus sama-sama menjaga supaya kedepannya teman-teman akan bisa menciptakan lingkungan yang aman dan terbebas dari kekerasan seksual seperti itu Ada yang mau ditanyakan dulu? Enggak, udah Oke Nah, kegiatan kita hari ini udah selesai Mbak mau ucapkan terimakasih temen-temen udah sangat kooperatif ya dari awal sampai akhir kegiatan kita Nah, hati-hati pulangnya
sampai ketemu di kesempatan selanjutnya Dadah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *